CATATAN ABSTRAK

Pages

RSS

Ijazah

I-J-A-Z-A Selembar kertas yang menadakan seseorang telah tamat menuntut Ilmu disekolah tersebut, suatu kebanggan dan suatu impian yang cerah untuk meraih masa depan. Ya, sekarang sampai detik ini aku sudah mengoleksi 4 Ijazah, SD, SMP, SMA, dan S1. Apakah aku bangga? Demikian kawan aku sangat bangga apalagi dengan Ijazah terakhir yang kudapatkan dari salah satu Universitas Negeri di Kota Bandung, dengan adanya IJazah itu namaku disematkan gelar Sarjana Hukum (S.H). Suatu kebanggan yang indah dan mimpi-mimpi untuk meraih masa depan akan segera aku arungi.
Pesta mendapatkan Ijazah S1 yaitu dengan memaki baju hitam dan topi yang ada talinya (Baju Toga), disambut oleh para akademik, melantukan lagu Indonesia Raya, dan membacakan Sumpah Mahasiswa, disaksikan oleh orangtua. semua tersenyum, bangga pada anaknya masing-masing yang memakai toga. sebagain orang tua menangis harus campur bahagia. Ibuku datang dan menangis bahagia, aku merasa paling senang di Dunia ini telh bisa membuat orangtuaku bangga. pesta itu berlangsung kurang lebih 2 jam. setelah Nama di panggil plus gelar dan tali toga dipindahkan dari kiri ke kanan oleh rektor, ditutup dengan do'a yang hikmat kami keluar dan berfoto-foto ria, saat itu kampus jadi lautan senyum dan udara kebahagian mengitari. pesta yang indah.
Satu Bulan aku masih semagat dengan mimpi-mimpiku, membawa ijazah keperushaan-perusahaan, disebarkan demi mendapatkan suatu pekerjaan yang diinginkan, meraih mimpi untuk bisa membahagiakan orangtua. Mimpiku digantungkan pada selembar Ijazah yang bertuliskan namaku beserta gelarnya. bukankah orang yang bergelar itu mudah diterima di perushaan? aku punya semagat seperti itu dan terus aku jaga.
Dua bulan kemudia impianku muali redup, aku masih menganggur, aku mulai tidak percaya dengan Ijazah, mimpi-mimpi ketika duduk dibangku kuliah adalah hal yang bodoh, aku mulai muak dengan mimpi-mimpi itu, kenapa ijazah ini tidak begruna? gelar tidak mengeyangkan perut.
Hari ini aku masih tetap menganggur dan berharap foto copy Ijazah yang aku sebar ada yang menarik salah satu perusahaan. hanya do'a yang selalu menguatkan hatiku ini. dan Ijazah yang aku miliki bukan lah jimat yang menentukan mimpi, itu adalah selembar kertas yang di dalamnya ada senyum Ibu dan Alm. Bapak, ada biaya keeringat orang tua, dan ada kepercayaan dari orang tua bahwa aku bisa dan mampu untuk meraih mimpi. Aku simpan Ijazah ini untuk kenangan berharga karena ada kebanggan orang tua.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.