CATATAN ABSTRAK

Pages

RSS

Brother Shoshodock


Genk Shoshodock, bukan lah genk kriminal yang sedang marak di bahas diberita. Mungkin tepatnya bukan genk, melainkan perkumpulan Siswa SMA yang mempunyai cita-cita tinggi, namun tidak terlau patuh terhapat aturan sekolah. Okey, Biar keren sebut saja “Genk” jangan “Perkumpulan”. Didalam Genk Shoshodock terdapat sebelas orang pemuda yang mempunyai mimpi terkeren untuk Indonesia, dan Luasnya untuk Dunia. Hebat.

Tidak ada persahabatan atau pertemanan di Shoshodock, semua Anggota Shoshodock tidak mengakui adanya Persahabatan, mereka hanya mengakui Persodaraan. Semua Bersodara, dan aku senang bisa berjumpa dengan mereka. Mereka, yang membuat Hidupku berwarna. Warna yang aku suka saja. Persodaraan ini lebih indah dari pada pelangi, lebih menarik dari pada GGS. Malahan cerita FTV pun kalah bagusnya dengan cerita kami. Karena, Persodaraan kami Real, tidak ada rekayasa.

Kami, banyak sekali kesamaannya, dan banyak juga perbedaan antara kami. Namun tidak memaksakan harus sama. Perbedaan itu indah. Saling hormat, membuat perbedaan tidak menghancurkan persodaraan. Indah, dan sangat istimewa Indahnya.

Canda dan tawa, terlalu panjang jika diceritakan. Sedihnya tidak ada. Keren, dengan keadaan yang sederhana, namun cukup membuat bahagia. Sepertinya aku sangat ingin membuat sebuah Buku untuk menceritakan masa SMA, bersama Shoshodock. Mudah-mudahan itu terjadi. Amin.

Mari Aku perkenalkan dengan Sodaraku di Shoshodock.

1.      Shapiw Alias Septian.

Bisa dibilang Shapiw Humas Shoshodock. Jika ada yang ingin kumpul-kumpul ya hubungi Shapiw. Entah kenapa, bila yang lain ingin mengumpulkan orang-orang Shoshodock selalu gagal, kalo Shapiw selalu berhasil. Kami setuju Shapiw itu orangnya baik, paling seneng ketawa, dan pemalu. Keluarganya tidak kalah baik. Ah, sangat senang bisa kenal Shapiw. Orang yang pernah suka Pada mano ini, sekarang sudah mempunyai pacar yang sangat cantik. Aku lupa lagi siapa namanya. Sekarang dia disibukan dengan cari kerja, itu info terakhir yang aku dapatkan. Shapiw, baru lulus menjadi Sarjana Informatika. Orangnya sederhana, dan taat pada Agama. Sekarang sudah langsing. Cerita cintanya juga pernah di tulis di blog ini. Silahkan baca, jika mau. Ini Linknya:  Cerita Shapiw



2.      Ulil Alias Kiki.

Kami bersepakat, bahwa dia adalah seorang musisi didikan alam, bakatnya diberikan Tuhan Langsung. Senang sekali bermain gitar sama seperti Shapiw. Mereka berdua mempunyai kesamaan, yaitu suka musik Klasik Rock. Mereka berdua yang memperkenalkan aku pada Guns and Rose, The Beatles, Rolling Stone, dan lain-lain. Selain Klasik Rock, Ulil juga menyukai musik Metal seperti Slipknot, Lamb of God, dan lain-lain, aku juga terpengaruhi musik Metalnya. Dialah Pionir yang membuat kita senang kabur. Kata yang dia selalu ucapkan “Jika, sekiranya sekolah membuat pusing, mending jangan Masuk”. Moto yang sangat bagus. Aku setuju dengan motonya. Ulil sekarang sering mengisi acara Hajatan atau festival seni budaya musik tradisional dan modern.



3.      Kacrut Alias Andi.

Juru masak Shoshodock. Keahlian dalam masak dapat disetarakan dengan tukang masak dipinggir jalan. Paling hobby masak Seblak, Mie, Mie pake telor. Dan Paling istimewa Mie pake seblak, dan telur. Karena, hanya itu yang dapat Andi pasak. Mungkin juga, karena keadaan keuangan kami sebagai pelajar. Makanan yang sederhana dan umum, namun nikmat jika dimakan bersama, dan ketika lapar berat karena pulang sekolah. Andi, Agent video 3Gp yang bermanfaat, bagi kami. Karena jaringan Andi sangat luas sekali. Teman kabur sekolah Ulil yang setia, ketika Shapiw tidak mau, Andi pasti mau. Teman Aktif perokok berat Ulil.



4.      Erry.

Banyak yang bilang mirip Parto, Aa Gym, dan Aa Jimmy. Namun menurutku Erry mirip Ayah dan Ibunya. Jangan salah nulis nama, jika tidak mau di kritik. Ingat namanya Erry, double R. Jika nulisnya Ery, berarti bukan dia. Paling Update Fasion. Dan peta berjalan Shoshodock, sama seperti Aconk. Jika nanya jalan atau tempat di Bandung, maka tanyalah mereka berdua. Walaupun tubuhnya kurus, dalam bidang Basket dia sangat handal, sama seperti Putra. Kacamata yang selalu menempel dimatanya, jika dibuka dia berubah muka bukan seperti Erry yang kita kenal. Sekarang dia menempuh pendidikan Biologi di Unpad. Sering keliling Indonesia untuk penelitian, dan hobby naik gunung. Erry sekarang menyatu dengan Alam dan Hewan ciptaan Tuhan. Jaga Fauna dan Flora ciptaan Tuhan. Aku percaya pasti kamu bisa.



5.      Aconk Alias Ahmad.

Kamus bahasa Inggris berjalan sama dengan Shapiw. Orangnya senang berdebat. Jago dalam itung-itungan. Malahan ketika menjelang UAN, kami mendadak Bimbel pada Aconk di rumahku dan rumah Shapiw. Pernah pacaran dengan mantanya Andi, saat Aconk dan Andi belum saling kenal. Kemampuan dalam bidang IPA, dapat di akui. Orang yang takut dengan Ular dan Darah ini, sedang menjalin hubungan dengan Antika, teman dekatnya mantan Aconk dan Andi. Sekarang dia sudah kerja, dengan gaji yang cukup besar. Namun, dia tidak lupa dengan Sodara-sodaranya waktu SMA.



6.      Putra.

Siapa yang tidak kenal dengan Putra? Hampir semua adik kelas (wanita) sangat ingin dapat perhatiannya. Ada yang minta nomer telepon, banyak yang chating di Facebook dan apa saja yang bisa dapet perhatiaannya. Tapi, jangan salah sampai saat ini dia belum pernah pacaran. Jika kalian bertemu dengannya, khusus kaum Hawa, kesan pertama pasti bilang,”Ih, keren banget itu cowok. Ganteng dan kalem.”. wajar jika ada yang bilang gitu karena memang iya. Sudah kenal deket dan akrab, kesan pertama akan hilang, berubah kesan jadi, “Kok gitu sih.”. wajar karena iya. Jangan berfikir dia playboy atau homo, karena itu salah. Dia pernah bilang “Don, aku tidak akan pacaran dulu, sampai nanti sudah kerja. Paling langsung nikah, kan jadi nggak dosa. Tidak menyakitkan pasangan juga.”, aku jawab “Pemanasan Pra nikah, harus ada Put”. Putra, orangnya terlalu jenius, dia berfikir jauh kedepan, sehingga kami tidak tahu maksud yang dia bicarakan, setelah menempuh waktu yang lama baru terpikir. Kini, Putra sedang menempuh kuliah dijurusan Manajemen Informatika. Aku sering di ajarkan teknik cara mendapatkan cewe dengan cara komputer. Aku diajarkan mendapatkan cewe oleh orang yang jomblo.



7.      Iman.

Jago dalam ngedisain baju dan membuat poster brosur. Dia pernah ngedisain jaket kelas ESSANT, waktu kelas dua. Cukup bagus dan unik bagi siswa kelas dua sekolah menengah atas. Selain itu, dalam bidang komputer juga dia jago, walau tidak menempuh pendidikan normal informatika. Tangannya seolah bisa memanjang, ketika bermain basket, namun Iman tidak terlalu mahir dalam bermain basket. Dia, juga seniorku di UIN, namun sekarang sudah lulus. Ngambil jurusan manajemen. Anak dari TU sekolah ini, jago dalam bermain PES, setara dengan kemampuan Shapiw, entah sekarang, apakah sudah melampaui kemampuan Shapiw atau tidak, karena sudah lama tidak main PES bareng. Iman, sering mengarjarkan aku tentang relita kehidupan yang sebenernya, katanya kehidupan yang enak itu berawal dari bawah, tidak bisa langsung dari atas. Dia pun sempat stres ketika menjelang lulus kuliah, karena tahfidz. Kini aku juga merasakan apa yang Iman rasakan dulu. Iman, sekarang kerja di luar Kota Bandung, sebelum berangkat, dia datang kerumahku untuk pamit. “Don, aku pamit, mau ngerantau. Kayanya, kita jarang ketemu lagi. Da pulang ke Bandung juga akan jaran. Nanti pas ketemu deui, ente harus sudah lulus.” Itu kata-kata Iman, saat mau pulang. “Semoga sukses Man. Doa.in weh biar cepet lulus”, aku sambil ngajak salaman. Semoga kau sukses disana sodaraku, merantaulah dan bawa uang sebanyak mungkin.



8.      Bastos Alisa Asep.

Pacar Dilla ini, jago dalam menggambar manga dan bahasa jepang. Ketika SMA dia adalah Sensei bahasa jepangku. Teman sebangku. Orangnya pendiam, tidak banyak bicara, tapi, sekali bicara bisa menusuk kejantung, membuat Ulil diam seribu bahasa. Pernah suka pada cewe sekelas, namun jangan dikasih tau orangnya. Sekarang dia kerja di bidang Ansuransi. Banyak menangani mobil-mobil mewah. Jika Aceng dan Bastos di satauin akan seru, kaya Tom And Jerry. Saling hina, selalu bertengkar, tapi, tidak mengakibatkan permusuhan. Kami yang melihat, hanya akan ketawa dan menikmati pertengkaran mereka. Maaf, hanya ini yang dapat aku ceritakan tentang Bastos.



 9.      Aceng Alias Ajat.

Sama seperti Bastos tidak banyak yang aku ceritakan tentang Aceng. Aceng ditemukan oleh Ulil ketika kelas dua. Waktu itu, dia sumber rokok yang bermanfaat untuk Ulil. Dia orang Ciamis, namun diam di rumah Omnya, yaitu Pak Etep, guru matematika. Jika kami tidak mau mendengar debatan Aceng dan Bastos, kedua orang ini harus dipisahkan, dan dijaga ketat supaya tidak kabur untuk menyatu lagi bersama Bastos. Tapi, kalo ingin ada hiburan, ya satuin lagi aja, pasti rame. Coba kalian ada di antara kami, pasti kaliaan akan setuju. Percaya deh. Terkadang Aceng dan Bastos juga akrab, saling membenarkan Argument yang mereka lontarkan, saat Aceng dan Bastos Akrab, kami yang tidak senang karena tidak ada hiburan. Aceng juga sering disebut Ajat Gebeg (Gebeg = orang yang kagetan), setiap nonton film horor, dia sering ngagebeg. Setelh lulus sekolah, dia langsung pulang kampung, tanpa ijin ke kami. Tiba-tiba menghilang begitu saja. Walau begitu kami kangen rokok gratis dari Aceng. Dimana pun kau berada semoga sukses.

10.  Kevin Alias Ai Alias Azhari.

Pendiam, suka ngelucu sehingga membuat kami ketawa, karena, leluconnya garing. Pernah di operasi usus buntu, dan kami pernah menyarankan bahwa perutnya jangan di jahit, tapi pasang kancing cetet, supaya gampang di buka. Jago bermain gitar sama seperti Ulil dan Shapiw. Ai selain sebagai mahasiswa Manajemen Informatika, dia juga sedang fokus bersama bandnya yang didirikan bersama Silvan, teman pas SMA. Dalam Arasemen musik, sbagai pemula dia bisa dibilang handal, dan cukup jago. Potongan rambut sering mengikuti zaman yang lagi trendi. Ketika, Emo lagi digandrungi oleh para remaja saat itu, dia juga mengikuti gaya rambut Emo, namun lebih mirip dengan gaya rambut Andika eks Kangen Band. Sekarang Ai, tidak suka dengan hal-hal yang berbau pedas, karenan takut ususnya kambuh lagi. Aku paling senang bermain PES bersamanya, karena pasti aku yang menang. Maklum tangannya diciptakan untuk tidak jago bermain PES. Kalo tentang game pertualangan dia jago. Ai, sekarang mempunyai pacar, tapi tidak mau memberi tahu pada kami siapa nama pacaranya, dia hanya pernah melihatkan foto bentuk wajah pacarnya. Laki-laki ini, tidak suka merokok.



11.  Doni Ridwansyah.

Itulah namaku. Aku sangat senang dan bahagia karena di pertemukan dengan mereka semua. Satu Kehormatan dan Kebanggaan, bisa mengenal Sodaraku yang Ajaib dan Mengesankan. Semoga kita selalu menjadi keluarga.



Terimakasih, SMA Negeri 26 Bandung, karena aku mencari ilmu disana sehingga bisa bertemu dengan mereka semua. Kisah bersama dengan Shoshodock akan kubingkai indah di dalam otak dan hati. Kenangan bersama kalian, akan ku ceritakan pada anak dan cucuku, kelak nanti. Ketika kumpul bareng bersama kalian, itu adalah sebuah keajaiban yang Allah berikan Padaku. Mungkin Allah tersenyum saat kita kumpul bareng, karena, Allah mencurahkan rizky kebahagiaan, tanpa sedikitpun kesedihan. Semoga kita bisa kumpul lagi, dengan kesibukan-kesibukan masing-masing yang kita jalanni sekarang. Shoshodock adalah Obat Kuat dalam kehidupanku. Ya, jika kalian punya sahabat/sodara seperti yang aku punya jangan lepaskan, karena itu sangat berharga. Dan janga iri padaku, karena diberikan kenikmatan oleh Sang Maha Pemberi Nikmat untuk menemukan mereka semua.



Jika Anggota shoshodock ada yang baca blog ini, pasti mereka akan bilang LEBAY. Ah, aku tidak peduli kata mereka, karena ini adalah persaan rinduku pada mereka.



Sekian, dan terimakasih.



Sekarang aku mau mandi, pake air dingin. Biar kuliah tidak terlambat, biar dosennya nggak marah. Kalo marah nanti nilai akunya jelek. Doain supaya aku tidak terlambat masuk kuliah. AMIN.



                                         


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.